Sempurnanya bentuk dan fungsi hidung

Lihatlah sejenak salah satu panca indra yang bernama hidung. Bentuk hidung setiap manusia berbeda-beda, ada yang mancung dan ada pula yang pesek. Ini biasanya karena faktor keturunan.

Meski bentuknya berbeda-beda, tetapi fungsi dan bagian-bagian hidung setiap manusia adalah sama. Ada dua lubang hidung ditumbuhi bulu-bulu halus yang berfungsi sebagai saringan udara yang kita hirup. Jadi udara yang masuk ke paru-paru kita benar-benar sudah dip roses sedemikian rupa agar memberikan kenyamanan bagi kesehatan kita.

Kemudian Allah SWT menberikan kulit hidung yang berfungsi sebagai pelindung adanya tulang penunjang untuk membentuk kulit hidung. Bila tidak ada tulang penunjang tersebut, maka pada saat kita menghirup udara kulit akan menutupi lubang hidung sehingga kita akan tersedak dan tidak jadi bernafas. Karena itulah Allah menunjangnya dengan tulang, dan tulang tersebut terdapat pada pangkal hidung. Sedangkan pada bagian bawah (cuping) hidung tida bertulang. Dengan cuping hidung yang tidak bertulang, memudahkan kita membuang cairan perangkap bakteri dan debu. Bagaimana kita dapat membuang cairan/kotoran tersebut jika keadaan cuping hidung kaku dan bertulang? Subhanallah

Kemudian jika kita perhatikan lebih seksama, sungguh hidung diciptakan sengan sempurna. Diletakkan hidung ditengah wajah kta dapat diberi dua lubang terbuka. Dan lubang itu tidak menghadap ke atas. Sehingga tidak menyebabkan masuknya air pada saat kita mandi ataupun pada saat kita kehujanan. Subhanallah, sungguh Allah sangat memperhatikan setiap ciptaannya.

Bila kita perhatikan lebih dalam lagi, maka kita akan menemukan indra penciuman. Apabila udara yang kita hisap itu beraroma, maka kita dapat merasakan aroma itu melalui penciuman. Ya Allah, terbuka mataku menyaksikan betapa sempurnanya ciptaanmu. Sungguh kita wajib sering-sering mengucapkan syukur serta puji-pujianĀ  kepada Allah atas segala karunia dan nikmat yang dilimpahkan kepada kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s